Beberapa latihan dilakukan:
Menebak urutan benda
- Siapkan beberapa benda kesayangan anak, kita mulai dari tiga benda. Benda kami gunakan waktu itu: topi merah, jepitan biru, dan mobil-mobilan pink.
- Bersama-sama kita mengurutkan benda mana yang diletakkan pertama, kedua, dan ketiga.
- Anak kita minta berbalik badan dan menyebutkan urutan benda tadi.
- Setelah berhasil mengurutkan benda dengan benar, anak diminta menyebutkan warna benda-benda tersebut.
- Ulangi kembali dengan susunan yang berbeda. Jika sudah mampu maka tambahi jumlah benda yang ditebak.
Memisahkan biji-bijian
- Sediakan dua macam jenis biji-bijian, yang kami gunakan waktu itu kacang hijau dan kacang tanah.
- Campurkan keduanya dalam satu wadah.
- Dalam latihan ini saya minta anak, untuk membantu pekerjaan memisahkan biji-bijian yang sudah tercampur. Maksudnya agar anak antusias dan merasa dihargai kemampuannya.
- Anak mengeluarkan salah satu biji dan mengumpulkan dalam wadah yang lain.
- Jika sudah berhasil bisa dilakukan dengan menambah jenis biji-bijian.
Memasukkan air ke dalam botol dengan menggunakan tutup botolnya
- Sediakan satu botol kosong yang ada tutupnya dan satu baskom kecil berisi air.
- Minta anak untuk memindahkan air dari baskom ke dalam botol dengan menggunakan tutup botol.
Menysusun benda
- Pilih benda di rumah yang jumlahnya banyak dan bisa disusun, biasanya yang sering digunakan adalah balok mainan anak. Saat latihan kami menggunakan jepit pakaian.
- Minta anak untuk menyusun benda tersebut baik disusun berbaris memanjang maupun disusun ke atas. Karena menggunakan jepitan, anak juga dapat menjepitkan satu jepitan ke jepitan lainnya selain itu juga bisa diurutkan dengan urutan warna yang teratur.
Bermain puzzle
Bermain puzzle memang sering dilakukan anak-anak, tetapi karena puzzle yang dipakai tidak banyak ragamnya sehingga anak cepat menghafal letak-letaknya. Azlia suka mengajak kakeknya bersama-sama menyelesaikan satu puzzle sederhana.
Menebak kartu
- Buat kartu dalam ukuran agak besar sebanyak 10 kartu. Dua kartu ditempelkan dengan gambar yang sama, jadi kita butuh 5 gambar yang berbeda.
- Telungkupkan dan susun kartu dengan posisi acak di lantai.
- Buka satu per satu kartu dan sambil mengingat posisi kartu yang baru dibuka.
- Jika menemukan gambar yang sama, ambil dan pisahkan. Lakukan sampai selesai.
Dari beberapa latihan yang pernah dilakukan, Azlia berhasil meningkatkan kemampuan konsentrasinya. Semula, jika ikut sholat magrib di mesjid oleh ayahnya dia malah keluyuran. Walaupun sebelum sholat, ayahnya sudah mengingatkan duduk saja diam dan diapun mengiyakan, tetapi ketika sholat sudah dimulai dia sudah kabur berlarian di mesjid bahkan di samping imam dan ketika salam sudah duduk cengengesan di samping ayahnya. Sekarang dia sudah bisa mengikuti sholat terawih di mesjid tanpa berkeliaran lagi. Dia sudah ikut beberapa rakaat terawih dan jika tidak ikut sholat dia duduk tenang menunggui neneknya yang sedang sholat (saya mengamati dari beberapa shaf di belakang yang sebelumnya dia tidak tahu). Jika ada anak lain yang mengajaknya bercanda dia malah mengingatkan supaya
0 komentar:
Posting Komentar