PENYEBAB ORANG KURUS

Written By Mentari bunda on Rabu, 09 Januari 2013 | 04.24




detail berita






Setiap orang pasti memiliki tubuh yang berbeda. Kebanyakan orang memiliki tubuh yang sehat, berisi, atau berotot. Lain halnya dengan orang yang kurus, mengapa kurus? apa penyebabnya? bagaimana cara mengatasinya?, kalimat itu selalu ada pada orang yang menerima nasib sebagai orang kurus. "Orang kurus itu menyedihkan", kata-kata itu belum tentu benar. Karena itu kita akan bahas bersama mengapa orang bisa menjadi kurus.

Sebelum kita melangkah lebih jauh adakalanya kalian tahu bahwaada orang kurus dari kecil dan ada orang kurus setelah dia gemuk. Sekarang kita bahas penyebab orang kurus.


TUHAN TIDAK AKAN MERUBAH KEADAAN SUATU KAUM KECUALI KAUM ITU YANG MERUBAH DIRINYA SENDIRI

Penyebab orang kurus: 
  • Faktor genetika
  • Setiap orang pasti memiliki gen di setiap sel yang ada pada tubuhnya. Gen adalah penentu sifat yang diturunkan dari kedua orang tua, baik itu yang resesif ataupun yang dominan. Nah, termasuk postur tubuh juga bisa dipengaruhi genetik. Kurus juga bisa dari genetik yang diturunkan kedua orang tua. Mungkin juga kedua orang tua kita tidak kurus, namun tanyakan kepada mereka apakah kakek nenek buyut ada yang kurus. Itulah yang dinamakan faktor gen yang resesif.
  • Stres
  • Berfikir selalu menjadi ciri khas manusia dibandingkan mahluk lain. Namun, terlalu banyak berfikir juga akan mengakibatkan stress. Berfikir juga membutuhkan tenaga, jika kita terus berfikir dan tidak diimbangi makan yang seimbang maka akan terjadi perombakan lemak dan protein ditubuh. Perombakan itulah yang mengakibatkan otot kita mengecil alias kurus.
  • Asupan gizi
  • Ada seorang teman saya yang bernama Rosyid Mawardi, dia kurus namun menjadi calon dokter dari UI (Universitas Indonesia). Yang tidak sesuai dengan kata "dokter" yaitu dia "tidak suka makan sayur". Sudah diajarkan di sekolah apa manfaat sayur, gizi sayuran, bahkan hafal betul fungsinya, namun jika tidak diamalkan ilmu itu apa gunanya? (mengamalkan ilmu yang pertama yaitu kepada diri sendiri). Sayur mengandung banyak air, vitamin, serat, bahkan karbohidrat. Kandungan itulah yang bisa membuat tubbuh kita segar dan tidak kurus kerontang, meskipun kurus namun tidak kurus kerontang itu lebih baik, bukan?.
  • Kurang minum
  • Sebagian besar penyusun tubuh manusia adalah molekul air. Berapa seringkah anda minum? Berapa gelaskah anda minum setiap hari? Jika jarang minum pantaslah anda kurus. Minum perhari minimal yaitu 8 gelas besar. Jika kita minum usahakan minum air putih. Banyak manfaat air putih dibandingkan air yang lain yang penuh bahan kimiawi(tentunya banyak kerugian).
  • Kurang istirahat 
  • Dari bahasan bahwa berfikir perlu energi kita bisa mengkaitkan dengan penyebab ini. Bukan hanya berfikir melainkan semua aktivitas membutuhkan energi. Jika digunakan terus menerus maka akan cepat lelah. Komputer saja harus istirahat, mengapa kamu manusia tidak menyempatkan dirimu untuk istirahat? 

0 komentar:

Poskan Komentar