Halaman

MENJAGA KEHAMILAN MUDA

Written By Unknown on Rabu, 12 Desember 2012 | 20.14






beberapa cara menjaga kehamilan muda yang bisa dilakukan oleh ibu yang baru saja mengandung. Hal ini juga sebenarnya bisa dilakukan selama masa proses hamil, mulai dari awal maupun pada masa mendekati kelahiran sang bayi yang Anda tunggu-tunggu.

1. Hindari Rokok dan Obat-Obatan
Menghindari rokok dan berbagai bahan jahat memang menjadi proritas utama bagi seorang ibu yang tengah hamil. Merokok adalah salah satu tindakan yang sangat merusak janin. Dalam hal ini rokok yang dimaksudkan bukan cuma terhadap ibu yang perokok, tetapi ibu sebagai perokok pasif juga bisa merasakan dampaknya. Obat-obatan dan juga bahan kimia juga salah satu hal yang berdampak negatif terhadap janin. Karenanya pastikan Anda selalu menghindari berbagai macam obat, termasuk juga obat ringan.

Dalam hal ini Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter Anda tentang apa obat yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan Anda. Pastikan untuk memberitahu dokter tentang obat yang sering Anda konsumsi, termasuk herbal atau obat-obatan.

2. Memperhatikan makanan
Memperhatikan makanan dan minum juga adalah salah satu tips menjaga kehamilan muda yang paling penting. Pada masa kehamilan muda, kondisi janin masih lemah, maka upayakan hindari makanan dan minuman yang sifatnya merusak, juga makanan dan minuman yang kurang memberikan suplai vitamin yang sekiranya dapat menggangu pertumbuhan janin. Selain itu nutrisi merupakan faktor yang paling penting sebagai penunjang bagi asupan gizi janin. Beberapa nutrisi tambahan adalah hal yang paling penting diupayakan untuk dikonsumsi ibu hamil salah satunya adalah nutrisi tambahan yang mengandung zat besi.

3. Istirahat yang cukup
Istirahat menjadi hal yang sangat penting, tetapi tidak disarankan untuk terlalu banyak tidur. Terlau banyak istirahat juga dapat membuat badan merasa tidak nyaman. Pada periode ini, ibu akan mengalami banyak rasa tidak nyaman di tubuh dan berktivitas ringan dapat menjadi solusi. Untuk menunjang vitalitas, ibu masih bisa berolahraga ringan.

4. Berfikiran Positif
Tetap positif. Anda harus berada dekat dengan dengan orang-orang yang mencintai dan peduli pada Anda. Anda akan membutuhkan bantuan selama kehamilan dan ketika bayi lahir. Ini bertujuan untuk membatasi stres Anda, sehingga bisa sehat secara mental maupun fisik.

0 komentar:

Posting Komentar