BAHAYA OPERASI PELANGSING

Written By Mentari bunda on Sabtu, 19 Januari 2013 | 19.57




 





 sebuah metode pelangsingan tubuh instan yang digunakan untuk mengobati para pasien penderita obesitas. Namun belakangan ilmuwan mengatakan bahwa operasi jenis ini berbahaya sebab dapat merapuhkan tulang.
Pada operasi pelangsingan tubuh itu, dilakukan pemotongan ukuran lambung hingga lebih sempit, dan jumlah makanan yang dapat ditampung didalamnya menjadi sedikit.
Ahli endokrinologi yang meneliti efek dari operasi tersebut menyebutkan bahwa ada pengurangan jumlah kepadatan tulang yang dialami pasien usai melakukan operasi tersebut.
Biasanya terjadi pada pasien remaja yang mengalami obesitas, dan usai melakukan operasi itu mereka tak dapat mencapai pertumbuhan tulang maksimal.
Dr Malgorzata Brzozowska, seorang peneliti, menerangkan adanya keterkaitan erat antara obesitas, pertumbuhan tulang dan masalah nutrisi.
“Semakin invasif jenis operasi yang dilakukan, maka akan semakin tinggi juga pergantian tulang terjadi. Hal ini yang akan mempercepat pengeroposan tulang,” kata Dr Brzozowska seperti dikutip dari situsDailyMail.
Hubungan ini tak hanya dikarenakan berat tubuh yang berubah turun secara signifikan, tapi pun sebab asupan nutrisi yang berkurang pula semisal vtamin D, serta kalsium yang penting untuk pembangun tulang.
Di Amerika, operasi pelangsingan tubuh tersebut dikenal dengan Roux-en-Y- gastric bypass. Prosedurnya, jalur pencernaan dari dan menuju ke arah lambung dipotong pada beberapa bagian dan posisinya di alihkan.
Ada pula operasi yang dikenal dengan “gastric sleeve” yaitu lambung dipotong agar lebih kecil. Itu membuat jumlah makanan yang ditampung berkurang.

0 komentar:

Posting Komentar