Halaman

KANKER MULUT

Written By Unknown on Sabtu, 19 Januari 2013 | 20.50








         




Kanker mulut adalah kanker yang menyerang pada bagian-bagian mulut. Kanker ini bisa tumbuh di gusi, bibir, dinding mulut, lidah, langit-langit mulut atau dasar mulut.
Kanker mulut termasuk penyakit berbahaya seperti kanker lainnya yang bukan mustahil membawa penderitanya pada kematian. Kanker mulut yang timbul di lidah biasanya berbentuk benjolan atau timbul daging pada lidah. Kanker tersebut akan menyebabkan terjadinya pembusukan atau ketika pecah akan terus mengeluarkan cairan.
Kanker mulut yang berada di lidah akan terlihat seperti sariawan yang besar. Lidah akan berlubang dan kian lama akan bertambah besar. Sedangkan kanker mulut yang ada di gusi dapat dideteksi saat gusi membesar dan pipi menjadi bengkak.

Penyebab Kanker Mulut

Timbulnya kanker mulut disebabkan pertumbuhan sel-sel yang tidak terkontrol dan membuat gangguan pada jaringan sekitarnya seperti kepala dan leher. Sel-sel normal memiliki siklus hidup-mati. Namun, itu tidak terjadi pada sel penyebab kanker mulut.
Mereka terus bermutasi, menyebar, dan menyerang organ-organ sekitar sehingga menyebabkan kondisi abnormal dalam mulut. Penyebab timbulnya kanker mulut tersebut bisa disebabkan karena konsumsi alkohol, konsumsi tembakau baik dengan merokok atau menginang, dan karena faktor keturunan.

Gejala Kanker Mulut

Gejala kanker pada mulut dapat terlihat dari sejumlah ketidaknormalan yang terjadi pada mulut. Seperti pembengkakan pada mulut, perdarahan yang tidak jelas sebabnya, timbulnya rasa nyeri di bagian yang ditumbuhi sel kanker, suara jadi serak berkepanjangan, dan mengalami kesulitan untuk mengunyah, menelan, dan bahkan berbicara.

Pencegahan dan Pengobatan Kanker Mulut

Untuk menghindari terjadinya kanker mulut, biasakan untuk menghindari makanan dan minuman yang masih panas. Jika makanan/minuman masih panas, tunggulah sampai dingin.
Selain itu, bersihkan selalu mulut setelah makan. Rajin gosok gigi merupakan cara termudah untuk membersihkan mulut. Jangan lupa juga untuk selalu berolahraga agar kesehatan tubuh terjaga.
Namun jika sudah terlanjur terkena kanker mulut, tidak ada cara lain selain mengobatinya. Pengobatan kanker mulut secara medis didasarkan pada seberapa parah kanker mulut dan tingkat penyebarannya.
Cara medis yang umum dilakukan untuk menghancurkan kanker adalah dengan radioterapi, kemoterapi dan pembedahan. Akan tetapi cara-cara tersebut berbiaya mahal dan juga dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh.
Selain melalui pengobatan medis, jangan menutup mata dengan pengobatan alternatif untuk kanker mulut. Pengobatan alternatif kanker mulut dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat herbal anti kanker, seperti Sarang Semut yang berkhasiat untuk menghancurkan sel-sel kanker mulut agar tidak berkembang dalam mulut.

Informasi lengkapnya di: http://www.deherba.com/penyebab-gejala-dan-pengobatan-kanker-mulut.html#ixzz2IUJzF42H

0 komentar:

Posting Komentar